Sunday 10 April 2016

LAPORAN PENDAHULUAN : COBIT

1. Apa itu indeks keamanan informasi di Indonesia?

Indeks KAMI (Keamanan Informasi) merupakan aplikasi yang digunakan sebagai alat bantu untuk menganalisis dan mengevaluasi tingkat kematangan penerapan keamanan informasi di sebuah organisasi. Dalam penyusunannya, Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) menerapkan standar kriteria untuk tingkat keamanan informasi tersebut sesuai dengan kriteria pada SNI ISO/IEC 27001:2009, yang merupakan adopsi langsung dari standar internasional ISO 27001. Indeks KAMI berfungsi sebagai indikator penerapan keamanan informasi secara nasional. Tujuan dari Indeks KAMI meliputi dua hal berikut :
  • Meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan penguasaan sumber daya akan pentingnya keamanan informasi dalam menjaga kelancaran dan keberlangsungan layanan publik.
  • Mengevaluasi tingkat kesiapan pengamanan informasi di Penyelenggara Layanan Publik dan pengamanan unit data strategis dalam mencapai Standar Nasional/ Internasional.


2. Jelaskan apa itu COBIT!

COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) dapat diartikan sebagai tujuan pengendalian untuk informasi dan teknologi terkait dan merupakan standar terbuka untuk pengendalian terhadap teknologi informasi yang dikembangkan dan dipromosikan oleh Institut IT Governance. COBIT merupakan model standar Tata Kelola Teknologi Informasi yang telah mendapatkan pengakuan secara luas. Standar COBIT digunakan karena memiliki kompromi yang cukup baik dalam keluasan cakupan pengelolaan dan kedetilan proses-prosesnya dibandingkan dengan standar-standar lainnya. COBIT dirancang terdiri dari 34 control objective yang tercermin di dalam 4 domain. Berikut adalah 4 domain COBIT, yaitu :
  • Plan and Organize (PO)
  • Acquire and Implement (AI)
  • Deliver and Support (DS)
  • Monitor and Evaluate (ME)




Referensi :
https://www.academia.edu/5017381/Aplikasi_Tata_Kelola_dan_Audit_Informasi_Menggunakan_Framework_COBIT_pada_domain_DS_dan_ME
http://www.ciso.co.id/indeks-kami-mengukur-tingkat-keamanan-informasi-sebuah-tata-kelola/
http://r5alburuj.blogspot.co.id/2015/12/indeks-kami-keamanan-informasi.html
http://www.pens.ac.id/post/20130813144934-1240

0 comments:

Post a Comment